Khimar Syari Bahan Adem yang Nyaman Dipakai

Khimar merupakan penutup kepala atau kerudung yang dikenakan oleh seorang wanita muslim di kepalanya. Sejalan dengan itu, definisi yang diterangkan situs tarbiyah mendukung penjelasan sebelumnya. Khimar merupakan kerudung yang beguna untuk menutupi bagian kepala seorang wanita sampai leher dan dadanya. Seiring perkembangan zaman, khimar ini semakin dikembangkan juga. Mulai dari pernak-pernik hiasan dan corak warna. Bahkan permintaan khimar syari bahan adem pun semakin hari semakin bertambah.

Permintaan yang terus bertambah tersebut merupakan dampak dari para wanita yang semakin percaya diri mengenakan khimar sebagai identitas keagamaannya. Bukan hanya itu, mereka mengenakannya karena kesadaran kewajibannya untuk menutup aurat. Oleh karena penggunaan khimar tersebut akan digunakan dalam segala situasi dan kondisi, maka dibutuhkan material pembuat khimar yang nyaman ketika dikenakan, misalnya saja tidak terasa panas, tidak mudah kusut, mudah perawatannya, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa jenis kain untuk khimar yang tidak panas serta nyaman untuk digunakan menurut situs mildaini, dan detik.Khimar Syari Bahan Adem yang Nyaman Dipakai

Jenis Khimar Syari yang Nyaman Dikenakan Oleh Muslimah

 

Viscose

Seperti yang dikatakan Desainer muda Ranni Hatta dan dilansir dari detik, bahan yang nyaman menurutnya adalah Viscose. Viscose merupakan bahan khimar yang hampir serupa dengan bahan rayon. Viscose merupakan hasil perpaduan antara bahan natural dan komponen sintetis. Bahan ini sangat cocok digunakan pada khimar syari bahan adem karena karakteristiknya. Karakteristik bahan ini sendiri adalah nyaman, tidak panas, lembut, licin, serta mudah untuk membentuknya.

Hycon

Khimar hycon biasanya dikenakan dengan mengenakan pelapis sebelumnya. Hycon merupakan bahan yang hampir mirip dengan Sifon, namun, kain berbahan hycon akan cenderung lebih lembut jika dibandingkan dengan Sifon. Selain itu, bahan hycon merupakan material yang lembut dan halus, dan tidak licin. Oleh karena itulah, Hycon seringkali digunakan sebagai bahan dasar khimar syari.

Ceruty

Bahan ini sering digunakan untuk memberikan kesan elegan pada produk yang dihasilkan. Sifat bahan ceruty cenderung elastis. Hal ini dikarenakan bahan ceruty mengandung kelembutan bahan sutra. Sementara itu, tekstur khimar dengan bahan ceruty biasanya seperti kulit jeruk.

Kaus

Bahan kaus dapat dijadikan opsi untuk khimar syari bahan adem. Bahan kaus biasanya akan menyerap keringat dan memiliki sifat dingin. Selain itu, keistimewaan bahan kaus untuk khimar syari adalah karakteristik bahan yang lentur sehingga mudah untuk dikreasikan sesuka hati. Namun, untuk perawatannya harus lebih diperhatikan. Hal ini disebabkan karena bahan kaus akan melar jika terus-terusan dicuci.Khimar Syari Bahan Adem yang Nyaman Dipakai

Jersey

Bahan jersey merupakan bahan yang cukup populer untuk dibuat kerudung. Bahan jersey sejatinya adalah bahan cotton stretch.  Karakteristik bahan jersey antara lain bahannya tebal, serat yang dimilikinya halus, serta tidak tembus pandang. Khimar dengan bahan jersey juga termasuk dalam kategori khimar syari bahan adem dan nyaman ketika dikenakan. Khimar yang menggunakan bahan jersey akan bertekstur lembut dan ringan. Hal ini akan memberikan kesan adem dan nyaman ketika dikenakan dan akan sangat cocok untuk dikenakan sehari-hari.

Sifon

Sifon merupakan salah satu bahan yang paling populer sebagai bahan dasar pembuat kerudung. Dengan bahan sifon, wanita yang mengenakannya akan terkesan lebih elegan. Oleh karena itu, kerudung berbahan sifon juga akan cocok untuk acara semi-formal maupun formal. Situs jilbabmurah mengklaim bahwa penggunaan sifon akan sangat nyaman dikenakan. Hal ini dikarenakan bahan sifon berkarakter ringan, tipis, dan tidak menimbulkan gerah. Kendati demikian, ada beberapa yang berpendapat berbeda karena bahan sifon licin dan tidak menyerap keringat.

 

Khimar Syari Bahan Adem yang Nyaman Dipakai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *